Uncategorized

Kunjungi Kebun Adolina, Direktur Operasional PTPN IV Beber 8 Program Strategis Komoditas Sawit

8

Serdangbedagai, NUANSA POST—Direktur Operasional PTPN IV Rizal H. Damanik menyampaikan delapan program strategis komoditas kelapa sawit saat berkunjung ke Kebun Adolina di Kabupaten Serdangbedagai, Sumatera Utara, Jumat (19/1/2024). Turut hadir Region Head PTPN IV Regional II Sudarma Bhakti Lessan beserta SEVP Operation I Budi Susilo, SEVP Operation II Dedy Gurning, dan Kepala Bagian Tanaman Irvan Faisal.

Menurut Rizal, delapan program yang dimaksud adalah Problem Identification Corrective Action atau PICA, clustering kinerja kebun dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS), menjadikan Pabrik Mesin Tenera Dolok Ilir sebagai pusat keunggulan dengan enam standarisasi PKS serta redesign rute supply chain paling efektif dan efisien untuk Tandan Buah Segar (TBS) ke PKS.

Kemudian penerapan mekanisasi serta digitalisasi on-farm dan off-farm, menghadirkan building soil for better crop collab dengan PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN), optimalisasi RPN sebagai partner dalam inovasi dan riset, serta implementasi co-firing, biogas, dan PLN-isasi di anak perusahaan PalmCo.

“Saat ini PalmCo memiliki harapan untuk dapat menghadirkan operational excellence sesuai best practice untuk mencapai produktivitas dan biaya yang efektif serta efisien,” ujarnya.

Melalui kunjungan ini, direktur operasional turut memberi pengarahan mengenai digitalisasi monitoring area Tanaman Belum Menghasilkan (TBM), optimalisasi pemberian tankos, pengendalian hama Oryctes rhinoceros, sistem pemupukan serta peningkatan sisi keamanan.“Untuk itu perlu adanya konsolidasi baik dengan pihak internal maupun eksternal,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Region Head PTPN IV Regional II Sudarma Bhakti Lessan menjelaskan bahwa PKS Adolina telah memiliki sistem operasional dengan pengelolaan yang baik. Ia menyarankan manajemen pabrik agar mengupayakan buah tambahan agar potensi utilitas bisa tergali lebih maksimal.“Terkait paparan yang disampaikan Direktur Operasional, terdapat beberapa hal yang dapat segera kita eksekusi,” ujarnya.

Menurut Kepala Bagian Sekretariat & Hukum PTPN IV Regional II Muhammad Ridho Nasution, Adolina merupakan satu di antara unit usaha PTPN IV Regional II yang mengelola kebun sekaligus PKS. Selama ini, kebun dan PKS Adolina telah berkontribusi besar dinobatkan sebagai Center of Excellent Indonesia.

“Artinya, kebun dan pabrik Adolina jadi rujukan dan percontohan yang ideal dalam industri kelapa sawit. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi PTPN IV Regional II dan kita harap prestasinya terus meningkat pada masa-masa yang akan datang,” ujar Ridho.

Sementara itu, Manajer Kebun Adolina Yudhi Harri Prabowo menyampaikan terima kasih atas arahan yang telah disampaikan Direktur Operasional PTPN IV Rizal H. Damanik serta Region Head PTPN IV Regional II Sudarma Bhakti Lessan.“Pengarahan ini sangat kami butuhkan untuk membawa Kebun Adolina lebih produktif sehingga dapat berkontribusi lebih banyak lagi pada tahun ini,” pungkasnya. ( ILM )

Exit mobile version