Uncategorized

KPUD Labusel Adakan Kegiatan Simulasi Pemungutan Suara

5

Labusel. NUANSA POST—Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Daerah kabupaten Labuhanbatu Selatan melaksanakan kegiatan ” Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Penggunaan Aplikasi Sirekap di TPS pada Pemilihan Umum 2024 “,  kegiatan digelar  di halaman Madrasah Sanawiyah ( mtss ) al amin desa Asam Jawa kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan rabu (24/012024 ).

Acara simulasi Pemilhan Umum (pemilu)2024 tersebut di hadiri Ketua komisi Pemilhan Saiful Basri Dalimunnte Antoni Rambe bidang hukum KPU beserta sejumlah Komisioner,Badan Pengawasan Pemilu (bawaslu)Rido Akmal Nasution,kapolres Labuhanbatu diwakili kabag ops Kompol Rahman Kapolsek Torgamba AKP Ilham Lubis SH,Kapolsekta Kotapinang AKP Dr Krisna SH.Kesbangpol Labusel irsan,Kejari Labusel diwakili E.Pasaribu SH.Danramil 11 Kotapinang Mayor Inf Parlindungan Sinaga.Camat Torgamba diwakili aris sukamto serta sejumlah insan pers dari media cetak online dan elektronik.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Labusel Saiful Basri Dalimunnte menekankan pentingnya peran media dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat mengenai tata cara pencoblosan yang adil. Simulasi ini diikuti oleh 183 pemilih, termasuk pemilih khusus seperti disabilitas, orang lanjut usia, dan yang sedang sakit. Beliau juga menyampaikan ada 5 jenis surat suara yang akan di coblos, untuk Presiden berwarna abu-abu, DPR RI warna kuning, DPD merah, DPR Propinsi biru, dan DPRD kabupaten hijau.papar Saiful Basri Dalimunnte.

Dalam kata sambutan dari Bawaslu Ridho akmal mengatakan mereka telah memantau data calon selama 2 hari dan meminta media untuk memberikan informasi yang akurat guna kelancaran pemilu dan pencegahan berita hoax di media sosial.

Polres Labusel, yang diwakili oleh Kabag OPS Kompol Abdurrahman, SH, MH, menegaskan kesiapan mereka dalam mengamankan pemilu untuk memberikan rasa aman kepada penyelenggara. TNI dan Polri berkomitmen menjaga keamanan di wilayah Labuhanbatu Selatan.

Danramil 11 Kota Pinang, Mayor Infantri Parlindungan Sinaga, menyatakan kesiapan TNI dan Polri untuk menjaga keamanan daerah, serta mengajak Bawaslu dan KPU untuk bersama-sama mensosialisasikan tata cara pemilihan ke desa dan dusun.

Camat Torgamba, yang diwakili oleh Kasih Trantip Aris Sukamto, berpesan agar pemilu berjalan lancar dan aman, serta mengingatkan pentingnya pencegahan kejahatan dalam pemilu.

Dari Kejaksaan, yang diwakili oleh Pasaribu, berharap pemilu berjalan lancar dan aman, sambil menekankan pentingnya tindakan jika terjadi kejahatan.

Mirwan Hasibuan, yang mewakili insan pers, menyampaikan terima kasih kepada KPU atas undangan dalam simulasi ini, berharap kerja sama yang baik antara KPU dan insan pers untuk mensukseskan pemilu mendatang. ( S.H Hrp )

Exit mobile version