BeritaDaerah

”Talaga Majalengka Wedding Expo”, Angkat Industri Kreatif Pernikahan dan Ekonomi Lokal

24
×

”Talaga Majalengka Wedding Expo”, Angkat Industri Kreatif Pernikahan dan Ekonomi Lokal

Sebarkan artikel ini

Majalengka, NUANSA POST—-Talaga Majalengka Wedding Expo 2024 yang digelar di Alun-alun Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, mengangkat potensi industri kreatif dari beragam inovasi dan kreasi dunia rias pengantin dan dekorasi pernikahan.

Menurut Camat Talaga, Raden Mochammad Shoddiq, acara ini lahir dari keprihatinan dan keinginan untuk menyatukan para perias pengantin di Kabupaten Majalengka.”Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi secara visual tentang berbagai kebutuhan seperti tata rias dan dekorasi kepada masyarakat dalam mempersiapkan pernikahan,” jelas Raden Mochammad Shoddiq, Jumat (31/5/2024).

Lebih lanjut, Raden menyampaikan bahwa kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini dalam rangka menyambut momen peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni dan HUT ke-534 Kabupaten Majalengka.

Raden berharap Talaga Majalengka Wedding Expo ini dapat menjadi agenda tahunan, memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal dan memperkaya budaya pernikahan di Kabupaten Majalengka.

Menurutnya, event ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi putra putri daerah dari Talaga, Kadipaten, Cikijing dan kecamatan lainnya untuk menampilkan dan mengembangkan potensi dunia usaha yang digelutinya.

Sementara itu, Talaga Majalengka Wedding Expo 2024 yang dihadiri langsung Sekda Majalengka dan dinas terkait berhasil banyak menarik perhatian.

Sekda Majalengka, Eman Suherman memandang bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif yang luar biasa untuk memberikan informasi kepada masyarakat saat mereka membutuhkan jasa layanan rias pengantin.

Menurutnya, upaya ini tidak hanya memberikan layanan yang dibutuhkan, tetapi juga membantu memperkuat ekonomi lokal dengan mendukung para pelaku usaha di bidang rias pengantin.

Sekda juga mengapresiasi atas kegiatan expo tersebut karena dapat menjadi platform bagi para pelaku usaha lokal untuk memperkenalkan produk dan layanan mereka kepada masyarakat, serta membangun jaringan yang kuat antara penyedia jasa dan konsumen.

Acara pun berjalan semarak, berbagai kalangan terutama anak-anak muda dan para perias dari Talaga, berkolaborasi dengan Pro.Art Production dari Tasikmalaya untuk mengadakan acara ini.

Ketua pelaksana acara, Irfan menjelaskan bahwa kegiatan ini bermula dari industri kreatif bisnis pernikahan, yang melibatkan banyak aspek seperti wedding organizer, dekorasi, make up, catering, fotografi hingga hiburan.

“Setiap pernikahan tidak hanya merupakan momen penting dalam hidup, tetapi juga mendorong aktivitas ekonomi lokal melalui pembelian berbagai produk dan jasa,” ujarnya.

Mengingat pentingnya pernikahan bagi masyarakat, kata dia, terutama di Kabupaten Majalengka, keberadaan beragam vendor dan inovasi menjadi hal yang krusial.

Namun, kesadaran akan vendor lokal dan potensi yang dimiliki masih terbatas di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, para inisiator lokal mengadakan acara ekspo atau pameran vendor pernikahan di Kecamatan Talaga.

“Tujuannya adalah memberikan informasi kepada calon pengantin dan masyarakat umum bahwa vendor lokal memiliki kualitas dan potensi yang dapat memenuhi kebutuhan pernikahan dengan baik,” jelasnya.

Dengan konsep dan tema tersebut, ia menegaskan vendor-vendor terbaik dari Majalengka dipercaya dapat mewujudkan impian pernikahan masyarakat secara umum.”Talaga Majalengka Wedding Expo 2024 ini diikuti oleh 22 booth dan didukung oleh lebih dari 33 vendor, menunjukkan antusiasme dan dukungan yang besar dari komunitas lokal,” ungkapnya.

Terakhir, pihaknya pun tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Majalengka yang telah mendukung Talaga Majalengka Wedding Expo 2024. (SITI AMINAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *