AdvertorialBeritaDaerah

Pemerintah Kabupaten Mesuji Menggelar Pawai Budaya yang Berlangsung  Semarak di Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya

10
×

Pemerintah Kabupaten Mesuji Menggelar Pawai Budaya yang Berlangsung  Semarak di Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya

Sebarkan artikel ini

MESUJI—Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Mesuji menggelar pawai budaya yang berlangsung dengan semarak di Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Minggu (18/08/2024).Pawai Budaya tersebut dimulai dari SMA Negeri 1 Tanjung Raya.Ribuan peserta yang terdiri dari masyarakat dan pelajar mulai bergerak sejak pukul 08.30 WIB.

Barisan pertama dimulai dari Kecamatan Tanjung Raya dan di susul 6 kecamatan lainnya di Kabupaten Mesuji.

Setiap peserta menampilkan atraksi budaya yang unik, mulai dari tari-tarian tradisional, musik daerah, hingga pakaian adat yang mencerminkan kekayaan etnis yang ada di Kabupaten Mesuji.

Sampai pada akhirnya kegiatan Pawai Budaya itu di tutup oleh barisan terakhir yakni peserta dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mesuji yang sekaligus menampilkan tarian kreasi.

Penjabat Bupati Mesuji Febrizal Levi Sukmana saat diwawancarai awak media mengajak di momen memperingati HUT ke-79 RI dapat memupuk kebersamaan dan jiwa nasionalisme.

“Sesuai dengan tema Nusantara Baru Indonesia Maju, mari kita bersama saling mendukung pembangunan dan pengembangan Sumber Daya Manusia menuju Kabupaten Mesuji yang aman dan damai,” jelas nya.

Di kesempatan yang sama Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Elfianah menyampaikan jika Mesuji merupakan kabupaten baru.

Karena itu, dalam pembangunannya masih banyak yang perlu diperhatikan.”Untuk itu momentum kemerdekaan ini mari kita bersama memupuk semangat dalam memajukan Kabupaten Mesuji yang kita cintai,” terang nya.

Di sisi lainnya, Kepala Disdikbud Kabupaten Mesuji Andi S Nugraha mengatakan gelaran Pawai Budaya ini diikuti oleh kurang lebih 5000 lebih peserta.”Tentu kami tidak menyangka yang mengikuti Pawai Budaya ini antusias nya sangat luar biasa sampai tembus kurang lebih 5000 lebih peserta,” ujarnya.

Andi menyebut peserta Pawai Budaya yang ikut memeriahkan terdiri dari pelajar, ormas dan masyarakat.Namun, ungkapnya peserta Pawai Budaya didominasi oleh kalangan pelajar.

Dikatakan Andi start Pawai Budaya dimulai dari SMA Negeri 01 Tanjung Raya, sedangkan garis finish nya ada di Desa Brabasan atau lebih tepatnya di depan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Mesuji.Dari perhitungannya, jarak yang ditempuh dalam kegiatan Pawai Budaya berkisar 1,4 km.

Dengan berakhirnya pawai budaya ini, diharapkan semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap budaya lokal semakin mengakar kuat di tengah masyarakat Mesuji, serta menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus melestarikan warisan budaya bangsa. (RANDI EFENDI/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *