Uncategorized

Kenalkan Logo dan Tema HUT ke – 79 OKI, Ini Filosofi dan Maknanya

1
×

Kenalkan Logo dan Tema HUT ke – 79 OKI, Ini Filosofi dan Maknanya

Sebarkan artikel ini

OKI Sumsel, NUANSA POST—Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) akan merayakan HUT ke-79 pada 11 Oktober 2024. Tema yang diusung pada tahun ini adalah Era Baru, OKI Maju. Melalui akun Instagram Diskominfo OKI, Pemkab OKI  telah memperkenalkan logo resmi HUT ke-79.

Visualisasi logo Hari Jadi Kabupaten ke 79 Kabupaten Ogan Komering Ilir secara keseluruhan merupakan representasi nilai tema “Era baru, OKI Maju” yang mencerminkan tekad, motivasi dan kekuatan yang menginspirasi masyarakat OKI menyambut semangat keterbaruan rencana pembangunan jangka panjang daerah, (RPJPD), transisi kepemimpinan nasional dan daerah serta menyokong transformasi Indonesia Emas 2045.

“Tema dan logo yang selaras dengan tema besar HUT ke 79 Republik Indonesia sebagai simbolisasi semangat masyarakat OKI menyambut transformasi kepemimpinan nasional dan daerah serta menyokong visi Indonesia Emas 2045,” Ujar Plt. Kadiskominfo OKI, Adi Yanto, Senin, (23/9).

Konsep logo terinspirasi dari bentuk Perahu Kajang, yang merupakan simbolisasi masyarakat OKI yang akuarian (dekat dengan air). Perahu kajang merupakan alat transportasi tradisional sekaligus menjadi rumah masyarakat OKI pada jaman dahulu.

Perahu ini juga menjadi bukti sejarah keperkasaan armada laut sejak jaman Kerajaan Sriwijaya, Kesultanan Palembang Darussalam hingga masa kemerdekaan RI tahun 1945 hingga 1980. Jenis Perahu ini berasal dari daerah Kayu Agung di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Simbolisasi ini melambangkan harapan, tujuan, optimisme, kekompakan masyarakat, pemerintah/stakeholder menyongsong OKI lebih maju dan Indonesia Emas 2045.” Tambahnya.

Berikut filosofi dan makna dari logo HUT ke-79 OKI tersebut:

Angka 7 pada logo membentuk tanda panah melambangkan sebuah harapan menyongsong hadirnya Era Baru, Gradasi warna memiliki makna adanya sebuah

transisi kepemimpinan pusat dan daerah serta suksesi Pilkada serentak 2024.

Angka 7 pada logo juga merupakan kemudi perahu sebagai simbol penentu arah tujuan dan gerak perahu (Ogan Komering llir), dibagian haluan terdapat tulisan tahun yang membentuk sebuah dayung sebagai gambaran rentang kayuh (perjalanan) Kabupaten Ogan Komering lir. Kemudi dan Dayung juga merupakan simbol kekompakan pemerintah, stakeholder, swasta dan seluruh masyarakat dalam melanjutkan pembangunan.

Angka 9 pada logo memiliki gradasi warna hijau melambangkan kesuburan dan kemakmuran. Terdapat siluet daun pada angka 9 melambangkan sektor pertanian dan perkebunan yang merupakan struktur ekonomi utama masyarakat Ogan Komering Ilir.

Bentuk Angka 9 pada logo dari kecil membesar juga memiliki makna transformasi Pembangunan Sosial, Ekonomi, Tata Kelola layanan Publik, Infrastruktur yang berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan.

Selain sebagai sumber kehidupan, Gelombang(air) memiliki makna topografi dan Sosio-kultur kabupaten Ogan Komering llir yang berupa Sungai, Perairan dan Rawa-Rawa.

Pada logo terdapat pola gradasi putih yang merupakan bentuk sederhana dari Bende Seguguk, Bende merupakan alat musik tradisional sejenis gong yang dijadikan motto Kabupaten OKI, yang berasal dari bahasa Kayu Agung yang memiliki arti Gong Persatuan. Hal ini semakin menguatkan kekompakan seluruh komponen Kabupaten OKI dalam melanjutkan pembangunan.

Rangkaian HUT OKI tahun ini juga akan digelar Festival Literasi Digital di Lapangan Segitiga Emas, Kayuagung pada 12 Oktober 2024 mendatang.

Kegiatan ini menghadirkan band papan atas tanah air, RAN dan Drive serta narasumber seminar yang berkompeten di bidangnya.

Seminar luring (offline) itu sendiri merupakan bagian dari rangkaian program Indonesia #MakinCakapDigital (IMCD) yang dilaksanakan di sejumlah provinsi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

.           “Kali ini, Kabupaten OKI dipilih sebagai lokasi kegiatan yang dirangkai dengan HUT ke 79 Kabupaten OKI 2024, program ini melibatkan komunitas anak muda di OKI”tutup Adi (MUHTAR.K.A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *