Uncategorized

KPU Asahan Gelar Rapat Pleno DPS, Ini Kata Bawaslu Asahan

4
×

KPU Asahan Gelar Rapat Pleno DPS, Ini Kata Bawaslu Asahan

Sebarkan artikel ini

Asahan, NUANSA POST—KPU Asahan baru saja melaksanakan Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Sementara ( DPS ) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Serentak Tingkat Kabupaten Asahan yang dilaksanakan KPU Asahan.

Ditemui di ruangannya, Ketua Bawaslu Asahan Paringgonan Siregar menyampaikan, ada beberapa poin yang ditanyakan pihak Bawaslu Asahan kepada KPU Asahan.Seperti jumlah Pemilih baru dan jumlah pemilih Tidak Memenuhi Syarat ( TMS ) dari hasil coklit oleh Pantarlih dan hasil analisis oleh Kordiv Data sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kita juga perlu tau berapa jumlah pemilih TMS berdasarkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dan berapa juga jumlah pemilih baru berdasarkan hasil coklit,” ucap Paringgonan.

Jawaban KPU Asahan, disampaikan Paringgonan, untuk pemilih hasil DPHP di Tingkat PPK itu jumlah tottqk yang sudah dilakukan Coklit sesuai dengan data DP4 hang diturunkan yaitu 561.809 semua sudah dicoklit.”Penjelasan KPU Asahan terdapat pemilih baru yang ditangguhkan dengan jumlah pemilih laki laki 444, perempuan 294, total 738,” ujar Paringgonan.

“Pemilih TMS untuk laki-laki 50.094, perempuan 50.602,total 100.696. Penjelasan Kordiv Data KPU Asahan, Data ini selama Pemutakhiran data pemilih bukan hanya selama Coklit,” timpalnya.

Selain itu, katanya lagi, Bawaslu Asahan melalui Kordiv Pencegahan, Pengawasan, Humas dan Parmas Arif Hidayat juga mempertanyakan kepada KPU tentang jumlah pemilih DP4 hasil singkronisasi secara total.

“Ada 561.808 itu data DP4 yang dicoklit di lapangan, limas 561.809, dan terjadi pengurangan data TMS dan sebagainya hingga totalnya ditetapkan menjadi 558.603 seperti itu, ada 3.206 yang berkurang dari data DP4 menuju data pemilih sementara. Itu disampaikan Kordiv Data KPU Asahan,” ungkap Paringgonan.    

“Jadi jumlah Kecamatan 25, jumlah Desa/Kelurahan 204, jumlah TPS 1.385, jumlah pemilih laki-laki 278.529, jumlah perempuan 280.074, dan jumlah pemilih seluruhnya 558.603,” timpal Arif mendampingi Paringgonan, Senin (12/08) sore. ( ILM )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *