Majalengka – NUANSA POST.
Untuk menjawab tantangan global, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus bisa menggunakan teknologi dalam usahanya.
Banyak manfaat yang bisa diperoleh pelaku UMKM jika sudah familiar menggunakan teknologi. Termasuk memanfaatkan internet untuk pemasaran produk mereka.
Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ( Diskominfo ) Kabupaten Majalengka H. Gatot Sulaeman, AP, MSi saat membuka Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Hotel Fitra Majalengka Selasa (13/6/2023).
Lebih lanjut H. Gatot mengatakan dengan adanya pelatihan bagi pelaku UMKM ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan penjualan mereka ke skala yang lebih luas.
” Pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan pendapatan pelaku usaha yang ada di Majalengka , sehingga memberikan angin segar serta menumbuhkembangkan perekomonian masyarakat Majalengka, ” tutur H. Gatot.
Lebih lanjut Kadis Kominfo menyampaikan ucapan terima kasih kepada BBPSDM Kominfo Bandung sebagai penyelenggara terlebih telah memilih Majalengka sebagai tempat pelatihan. Ia berharap agar pelatihan ini bisa menghasilkan lebih banyak lagi wirausahawan.
Kepala BPSDMP Kominfo Bandung.
Dra. Betty Juliati mengatakan bahwa pelatihan DEA ini untuk pertama kalinya diselenggarakan di Majalengka, untuk mencukupi permohonan Kadis Kominfo Majalengka. Selanjutnya para UMKM Majalengka yang mengikuti DEA saat ini, akan menjadi prioritas pada DEA tahap selanjutnya.
Menurutnya program pelatihan pemasaran digital dasar ini diisi oleh para tutor digital marketing dari BBPSDMP Kominfo Bandung.
Sehingga diharapkan kepada peserta, agar mampu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan digital marketing.
Ia menambahkan, kegiatan ini diadakan juga dalam rangka mempersiapkan SDM yang unggul untuk menghadapi era revolusi industri 4.0, sasaran program ini adalah mencetak talenta digital di bidang UMKM.
Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM Kab. Majalengka , Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian) Kominfo Bandung dan peserta diikuti oleh 125 pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Majalengka. Kegiatan pelatihan berlangsung selama dua hari. (Siti A)