Uncategorized

Bupati Majalengka Resmikan Bumi Perkemahan Lebak Barat

8
Bupati Majalengka Resmikan Bumi Perkemahan Lebak Barat

Majalengka– NUANSA POST—Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi,M.M.Pd., resmikan Bumi Perkemahan Lebak Barat yang berada di Desa Girimulya Kecamatan Banjaran, peresmian Buper tersebut bertepatan dengan hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023, Senin, (14/08/2023)

Kegiatan dihadiri oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab.Majalengka, Kepala Dinas Pendidikan Kab.Majalengka selaku anggota MabicabMabicab gerakan Pramuka Kab.Majalengka, Ketua Kwartir Cabang Kec.Banjaran, Ketua Madiran Kec.Banjaran, Unsur Muspika Kec.Banjaran, Kepala Desa Girimulya, adik-adik peserta Jambore Ranting Kecamatan Banjaran, serta unsur lainnya.

  Dalam laporannya, Ketua Kuwaran Kec.Banjaran, Ading, S.Pd., mengatakan, Bumi Perkemahan Lebak Barat yang berada di Desa Girimulya Kecamatan Banjaran Kab.Majalengka, berada di areal tanah seluas 1,5 hektare, dalam pengelolaannya Buper ini dikelola oleh Pihak Desa Girimulya dan bekerjasama dengan pengurus Kuwartir Ranting Banjaran, adapun biaya yang telah dikeluarkan dalam pembangunan Buper Lebak Barat ini sebesar 120 juta Rupiah, yang bersumber dari hasil swadaya perangkat Desa serta seluruh masyarakat Desa Girimulya dan anggota Pramuka Kwaran Kecamatan Banjaran.

“Keberhasilan Pembangunan Buper Lebak Barat Banjaran ini berkat kerjasama dari semua unsur baik itu masyarakat Desa Girimulya, Kwartir Ranting Banjaran dan perangkat Desa Girimulya yang didukung penuh juga oleh pihak Kecamatan Banjaran terutama Camat Banjaran sebagai Ketua Madiran dan rengrengan majelis pembimbing ranting, untuk itu kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas keberhasilan pembangunan Buper Lebak Barat ini, “ucap nya.

  Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., mengatakan, setiap tanggal 14 Agustus merupakan momen penting dalam sejarah Pramuka, yang memiliki nilai historis dalam gerakan pramuka di Indonesia, Hari Pramuka tengah memasuki usia ke 62 tahun, adapun tema peringatan Hari Pramuka kali ini yakni “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”. Diharapkan melalui tema tersebut bisa membangun citra positif gerakan pramuka kedepan dengan mempersiapkan dan melibatkan sumber daya manusia yang proporsional dan profesional.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, pola model pembangunan Bumi Perkemahan Lebak Barat dengan mengedepankan gotong-royong dibangun berkat kerjasama antar semua pihak ini patut menjadi contoh kwaran kwaran lainnya yang ada di Kab.Majalengka, dengan letak geografis yang sangat menarik berada dalam wilayah deretan objek wisata sehingga sangat tepat sekali Buper ini dibangun di wilayah ini.

“Memknai peringatan Hari Pramuka ke-62 di Kwaran Kecamatan Banjaran dengan pembangunan Buper Lebak Barat ini saya mengapresiasi dan berharap tempat ini dapat menjadi pusat kegiatan atau centra kegiatan diklat-diklat Pramuka dalam upaya membina lebih andal kader-kader gerakan Pramuka baik dilevel Sekolah Dasar, Menengah dan juga Atas, selain itu juga dengan letak yang strategis ini bisa dijadikan promosi untuk lebih mengembangkan Buper ini untuk lebih dapat di kenal luas oleh masyarakat Majalengka maupun luar Majalengka,” Ucap Bupati.

“Untuk melengkapi fasilitas yang ada di Bumi Perkemahan Lebak Barat ini belum tersedianya Mushola untuk itu saya selaku Bupati akan membantu membangunkan Mushola dari dana Pribadi, untuk itu dimohon kepada Kepala Desa dan jajarannya untuk segera mendesain bentuk Musholanya, Mushola nya harus berdesain ala Pramuka, agar Mushola tersebut dapat menjadi ikon tersendiri bagi Bumi Perkemahan Lebak Barat ini,” Jelas Bupati.

“Untuk itu saya mengucapkan selamat atas terselenggaranya peringatan Hari Pramuka ke-62  di Kwartir Ranting Kecamatan Banjaran, sekaligus meresmikan Bumi Perkemahan Lebak Barat Desa Girimulya Kecamatan Banjaran,” Tutup Bupati. (SITI A)

Exit mobile version