AdvertorialInfotorial Kominfo Bengkalis

Bupati Bengkalis Diwakili Asisten Administrasi Umum Aulia Hadiri Pelantikan DMDI Provinsi Riau Masa Khidmat 2023-2026

2
diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Bengkalis Aulia

Pekanbaru, NUANSA POST – Drs. H. Masrul Kasmy M.Si dilantik menjadi Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Riau Masa Khidmat 2023-2026. Acara pelantikan digelar di Aula Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri, Senin (4/9/2023).

Drs. H. Masrul Kasmy M.Si bersama pengurus DMDI Riau dilantik langsung oleh Ketua Umum DMDI Indonesia, Datok Said Aldi Al Idrus. Pelantikan dihadiri langsung oleh Presiden DMDI yang Dipertua Negeri Malaka, Tuan Yang Terutama (TYT) Tun Seri Setia Dr. H. Moch Ali Bin Mohd Rustam.

Ketua umum DMDI Indonesia Datok Said Aldi Al Idrus dalam sambutannya menyampaikan kepada pengurus DMDI untuk bisa bersama menguatkan nilai agama dan budaya Melayu menuju masyarakat berkarakter, masyarakat yang berbeda-beda tapi menyatu dalam mengikat kerja sama. Dan mematuhi peraturan yang ada serta memiliki nilai kebudayaan, nilai spiritual, nilai sosial, semangat gotong royong yang sejalan dengan nilai-nilai bangsa kita.

“Kepada para pengurus yang dilantik hari ini, mampu mencurahkan tenaga dan pemikirannya demi DMDI Provinsi Riau, Semoga Pengurus baru DMDI bisa membawa DMDI lebih berjaya di Provinsi Riau” harapnya.

Kemudian Gubernur Riau, Datok Sri Setia Amanah H Syamsuar mengungkapkan, DMDI sebuah organisasi yang fokus terhadap urusan-urusan sosial urusan budaya Melayu dan juga urusan agama Islam yang berkaitan erat terhadap perkembangan di berbagai kawasan antar negara yang ada di dunia ini menyediakan ruang berhimpun di antara perkumpulan ataupun perhimpunan konvensional untuk kemaslahatan umat secara bersama.

“InsyaAllah kedepan, kepengurusan DMDI disejalankan menjadi organisasi berbasis kultur Melayu dan Islam yang besar. Dan dapat berbaur dengan masyarakat dalam menyerap aspirasi-aspirasi melalui tokoh-tokoh Melayu. Tidak lain adalah untuk mengangkat tuah, derajat, harkat, serta martabat kaum Melayu dan dunia Islam yang ada khususnya di Provinsi Riau,” jelasnya.

Lalu lanjut Syamsuar, kehadiran DMDI saya harap tidak hanya untuk melaksanakan rencana programnya semata tetapi dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembangunan daerah serta ikut berperan dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial di Provinsi Riau. Karena saya yakin kiprah DMDI di Provinsi Riau tentunya bisa menjadi penghubung antara tuntutan ajaran agama dengan realitas kehidupan masyarakat daerah. Serta, menjadi jembatan pembangunan ekonomi, pendidikan, kesehatan, keagamaan, sosial dan budaya.

“DMDI memiliki beragam profesi dengan kelebihan masing- masing. Dan tiap-tiap anggota diharapkan dapat berkiprah sejalan dengan keahlian yang dimiliki dalam memberikan kontribusi,” pintanya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden DMDI, TYT Tun Seri Setia Dr. H. Moch Ali Bin Mohd Rustam, menyampaikan selamat kepada ketua dan pengurus DMDI Provinsi Riau. Ia juga berharap kehadiran pengurus DMDI yang baru dilantik mampu memperkuat dan memegang amanat yang diberikan.

Presiden DMDI, TYT Tun Seri Setia Dr. H. Moch Ali Bin Mohd Rustam menegaskan, DMDI sudah tersebar di 23 negara di dunia. InsyaAllah keberadaan DMDI akan menambah martabat masyarakat Melayu.“Selamat atas dilantiknya para pengurus DMDI Provinsi Riau, tak kan Melayu hilang di bumi,” ucapnya dengan semangat sekaligus menutup sambutannya.

Sementara itu Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Bengkalis Aulia menyampaikan bahwa Provinsi Riau adalah daerah yang sangat kental dengan Melayu. Ia pun berharap, pelantikan itu tidak hanya seremoni semata, melainkan terus mempererat ukhwah Islam, dan masyarakat Melayu di sejumlah negara.

“Provinsi Riau ini tempat Melayu yang utuh, proses pemilihan DMDI ini sudah sesuai dengan ketentuan. Kami yakin dan percaya amanat yang diberikan ke H Masrul Kasmy, dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya.(DISKOMINFOTIK/RIAN SUMARLIN)***

Exit mobile version