Uncategorized

Produk UMKM Binaan PTPN IV Tarik Perhatian Pengunjung China-ASEAN Expo 2023

1

Nanning, NUANSA POST—-Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) ikut berpartisipasi pada ajang China-ASEAN Expo 2023 di Nanning International Convention & Exhibition Center, Nanning, Tiongkok, Sabtu (16/9/2023).

China-ASEAN Expo 2023 merupakan satu di antara pameran produk terbesar di Tiongkok. Ajang ini terselenggara berkat hasil kesepakatan pada KTT China-ASEAN Ke-7 sekaligus bagian dari kerangka kerja perdagangan ekonomi China-ASEAN Free Trade Area (CAFTA).

Senior Executive Vice President (SEVP) Operation II PTPN IV Joni Raja Siregar mengapresiasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah berkomitmen mendukung produk-produk UMKM lokal untuk berkembang di pasar internasional.

“Tentu sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM guna merambah pangsa global, termasuk di Tiongkok. Oleh karena itu PTPN IV berterima kasih kepada Menteri BUMN Erick Thohir yang telah memberi kesempatan produk-produk UMKM binaan PTPN IV ikut serta,” ujar Joni.

Pada pameran ini, PTPN IV memboyong produk UMKM Rumah BUMN Pabatu Sektor Industri Kreatif. Yaitu Batik FIVE A karya Anna Maghdalena Harahap. Produk fashion wanita tersebut telah melalui proses kurasi yang ketat sehingga terjamin berkualitas.

Menurut Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Mulianto, partisipasi perusahaan dalam ajang ini bertujuan untuk memperluas kesempatan promosi bagi produk UMKM binaan.

“Melalui pameran ini, pelaku UMKM dapat bertemu langsung dengan para calon buyer yang merupakan pengunjung delegasi negara ASEAN dan Tiongkok, sehingga diharap bisa menjadi langkah awal mereka menembus pasar global,” kata Mulianto didampingi Kepala Sub Bagian Program Pendanaan Usaha Mikro & Usaha Kecil (PUMK) PTPN IV Afni Ria Safitri.

Ajang China-ASEAN Expo 2023  yang diselenggarakan pada tanggal 16 s.d 19 September 2023 di  diikuti oleh 18 Booth dari para pelaku UMKM yang berasal dari 11 BUMN. Selain PTPN IV, adalah Pertamina, Pelindo, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Permodalan Nasional Madani (PNM), Telkom Indonesia, Pupuk Indonesia, Peruri dan Bank BTN.

Pada hari pertama pameran, booth produk UMKM binaan PTPN IV terlihat berhasil menarik atensi atau perhatian dari para pengunjung. Acara ini juga turut dihadiri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin serta pejabat negara lainnya seperti Dubes RI di Beijing Djauhari Oratmangun, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional KementerianPerdagangan RI Didi Sumedi, Konsulat Jenderal Indonesia di Ghuang Zhou Ben Perkasa, Wakil Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Daerah Otonomi Guangzi Zhuang Zhou Jiabin, Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah Edi Pratowo dan Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah Yulistra Ivo.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga saat didampingi Joni Raja Siregar mengatakan, keterlibatan UMKM dalam pasar global perlu ditingkatkan lagi agar membantu target ekspor tercapai.

“Pameran ini sekaligus menjadi wadah bagi UMKM untuk melakukan business matching dengan pengusaha dari berbagai negara di ASEAN, tentunya ini bisa membantu UMKM semakin melebarkan sayapnya di pasar global,” ujar Arya.( ILM )

Exit mobile version