Uncategorized

PTPN IV, BRIN serta Fakultas Pertanian USU Teken Perjanjian Kerja Sama Riset Bungkil Inti Sawit dan Daun Indigofera

2
×

PTPN IV, BRIN serta Fakultas Pertanian USU Teken Perjanjian Kerja Sama Riset Bungkil Inti Sawit dan Daun Indigofera

Sebarkan artikel ini

Cibinong, NUANSA POST-–Setelah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU), PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjalin Perjanjian Kerja Sama Tripartit dengan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU).

Perjanjian ini menyangkut riset optimalisasi pemanfaatan bungkil inti sawit dan daun indigofera sebagai komponen pakan pertumbuhan dan produksi telur ayam kub/lokal unggul.

Dokumen perjanjian diteken oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Sustainability PTPN IV Pirgok Panggabean, Kepala Pusat Riset Peternakan BRIN Tri Puji Priyatno dan Dekan Fakultas Pertanian USU Tavi Supriana di Gedung BNC Kawasan Sains dan Teknologi Soekarno Cibinong Science Centre, Rabu (20/9/2023).

Menurut Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PTPN IV dan BRIN pada acara Indonesia Research and Innovation (InaRI) Expo 2023 beberapa waktu lalu.

Sucipto berharap riset dapat menyuguhkan data maksimal tentang penggunaan palm kernel meal atau bungkil inti sawit yang dapat digunakan dalam pakan unggas, khususnya ayam KUB.

“Perjanjian kerja sama ini merupakan bagian dari kegiatan percobaan pakan ternak yang sedang dilakukan oleh PTPN IV,” ujar Sucipto.

Sementara itu, Komisaris Utama PTPN IV Dahlan Harahap menjelaskan bahwa riset pemanfaatan bungkil inti sawit dan daun Indigofera merupakan bagian dari upaya PTPN IV dalam mendukung program pemerintah untuk pencegahan stunting pada anak. “Riset dan inovasi memang ditujukan untuk kemajuan negara,” ujarnya.

Penandatanganan kerja sama antara PTPN IV, BRIN dan Fakultas Pertanian USU turut disaksikan Kepala Organisasi Riset Pertanian dan Pangan BRIN Puji Lestari, Peneliti Utama BRIN Simon Ginting, Konsultan Pakan Ternak PTPN IV sekaligus Peneliti BRIN Andi Tarigan serta Kepala Sub Bagian Pengembangan Strategi Komoditas Bagian Perencanaan dan Sustainability PTPN IV Al Irwin Manova.( ILM)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *