Uncategorized

Kapolsek Sindangwangi Hadiri Hajat Bongkar Bumi dalam Rangka Musim Tanam Pertanian

3

Majalengka,NUANSA POST – Sesuai dengan arahan dari Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Indra Novianto,S.I.K.,M.Si., CPHR., melalui Kapolsek Sindangwangi IPTU Wili Rukwili menghadiri acara hajat “Bongkar Bumi” yang berlangsung di Makom embah buyut Pangeran Niti Baya Salam Gede, Blok Pasir 01/01, Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, pada Jumat (27/10/2023). Acara ini diselenggarakan dalam rangka menyambut musim tanam pertanian dan menjadi bagian dari tradisi yang diadakan setiap tahun.

Kegiatan “Bongkar Bumi” ini merupakan ritual tradisional yang dilaksanakan menjelang musim hujan, yang bertujuan untuk mempersiapkan lahan pertanian agar siap ditanami dengan berbagai jenis tanaman. Selaku penanggung jawab kegiatan adalah Ketua Ustad Zaenudin Wiraswasta, Blok Pasir Rt. 001 Rw. 001, Desa Bantaragung.

Kapolsek IPTU Wili Rukwili memberikan apresiasi terhadap tradisi yang memupuk rasa gotong royong dan menjaga keberlanjutan budaya dan adat istiadat di masyarakat. “Tradisi ini adalah warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan. Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat hubungan sosial dan kerjasama di antara warga,” kata Kapolsek.

Acara ini merupakan contoh bagaimana masyarakat di wilayah Sindangwangi merayakan tradisi pertanian yang memiliki nilai budaya dan sosial yang kuat. Kehadiran Kapolsek dalam acara ini juga menunjukkan dukungan Polsek Sindangwangi dalam menjaga dan merayakan tradisi lokal yang memperkaya keberagaman budaya di Kabupaten Majalengka. (SITI A)****

Exit mobile version