Uncategorized

Buka Diklat Berjenjang Tingkat Dasar, Bupati Bengkalis Harapkan Peran Guru PAUD/TK Dalam Pencegahan Stunting

8
Buka Diklat Berjenjang Tingkat Dasar, Bupati Bengkalis Harapkan Peran Guru PAUD/TK Dalam Pencegahan Stunting.

Bengkalis, NUANSA POST —-Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan H. Bustami HY menbuka acara Diklat Berjenjang Tingkat Dasar dan Penanggulangan Stunting Bagi Guru TK/PAUD Se-Kabupaten Bengkalis Tahun 2023, di Hotel Marina Bengkalis, Senin (13/11/2023) malam.

Dalam sambutannya Bustami mengatakan Guru PAUD mempunyai peran strategis untuk menyampaikan informasi pengetahuan dan pemahaman kepada anak-anak tentang pencegahan stunting.

“Untuk itu, tenaga pendidik TK/PAUD harus lebih serius, lebih berkomitmen, untuk ikut serta dalam percepatan penurunan stunting, melalui kerja nyata, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja berkualitasnya, dengan membangun sinergi, kolaborasi dan akselerasi, melalui tugas dan fungsinya,” ujar Bustami.

Tanpa adanya komitmen dan sinergi yang kuat, serta cepat untuk menyelamatkan generasi bangsa ini dari ancaman stunting, maka gerakan kita hari ini pastinya sia-sia, dan dapat dipastikan kegiatan kita hanya sebatas semboyan tapi miskin gerakan, tegas Bustami.

Kemudian lanjut Bustami, peningkatan kompetensi Guru TK dan PAUD terhadap stunting ini memang tidak dapat ditawar-tawarkan lagi, mengingat masa perkembangan anak usia TK dan PAUD, merupakan masa-masa keemasan pertumbuhan otak anak. Sedangkan stunting itu sendiri bukan hanya tentang fisik, akan tetapi dapat juga menghambat perkembangan kognitif, motorik dan verbal yang menyebabkan pertumbuhan tidak berjalan optimal.

“Kepada para tenaga pendidik TK dan PAUD, dapat memahami serta menguasai keterampilan yang diperlukan. Sehingga kedepan bisa mendesign pembelajaran di TK maupun PAUD yang tersebar diseluruh pelosok negeri ini, guna mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Sehingga nantinya bisa bersama-sama mencegah serta menangani stunting,” harap Bustami

Masa depan kita tergantung pada aksi dan langkah kolaboratif yang kita lakukan sekarang dalam menyongsong masa depan, kita harus optimis, namun tidak boleh lengah. Anak-anak bangsa adalah bagian dari masa kini dan masa depan. Sekarang kita rawat mereka, kelak mereka yang merawat bangsa, pesan Bustami.

Turut hadir  Sekretaris Dinas Pendidikan Muthu Saily, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Hj. Akna Juita, Narasumber dari Lembaga Pemerhati Anak Yayasan Intan Payung Provinsi Riau Risdayanti dan Ida Ardianti Camat Bengkalis Taufik Hidayat, dan undangan lainnya.(DISKOMINFOTIK/ RIAN SUMARLIN)***

Exit mobile version