Uncategorized

Dinas Pertanian Majalengka Raih Prestasi Juara 1 Petani Milenial Jawa Barat

23

Majalengka,NUANSA POST—Dinas Pertanian Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, kembali mencatat prestasi gemilang pada Jumat, 19 Juli 2024.Di bawah kepemimpinan Ir. Iman Firmansyah M.M, dinas tersebut sukses mencetak petani milenial berprestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Prestasi ini diraih dalam Penilaian Aparatur dan Non Aparatur tingkat Provinsi Jawa Barat 2024 yang diselenggarakan pada awal Juni 2024.

Iman Firmansyah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3), melalui Efi Faizah dari Bidang Penyuluhan DKP3, menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan Majalengka meraih Juara 1.”Alhamdulillah, kita kembali meraih prestasi kategori Petani Milenial tingkat Jawa Barat,” kata Efi.

Prestasi ini dicapai melalui beberapa tahap, mulai dari pengiriman proposal, presentasi, hingga verifikasi lapangan.

Efi menjelaskan bahwa pihaknya mengirimkan tiga kategori dalam penilaian yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat.”Kami mengirim tiga kategori: Penyuluh Berprestasi, BPP, dan Petani Milenial Tanaman Hortikultura, dan berhasil satu yang tembus juara pertama,” jelasnya.

Menurut Efi, Petani Milenial asal Majalengka yang meraih Juara 1 tingkat Provinsi Jawa Barat adalah Teguh Pratama.

Teguh merupakan petani cabai yang menerapkan teknologi serta memasarkan hasil panennya melalui online dan juga ekspor.”Teguh Pratama melakukan inovasi tentang cabai di Kecamatan Argapura, Majalengka,” kata Efi.

Selain menanam, Teguh juga memproduksi olahan cabai seperti chile oil dan abon cabai.”Ia telah menerapkan teknologi, dari sisi pemasaran sudah memasok ke berbagai wilayah dan juga penjualannya dilakukan secara online,” ungkapnya.

Untuk diketahui, lima kabupaten yang menjadi top 5 adalah Juara 1 Majalengka, Juara 2 Cirebon, diikuti oleh Indramayu, Ciamis, dan Subang.

Di akhir wawancara, Efi berharap regenerasi petani agar pemuda-pemuda di Majalengka mau bertani.”Petani sekarang sudah memasuki usia sepuh. Kaum milenial, yang adaptif terhadap teknologi dan komunikasi, kami dorong untuk memanfaatkan teknologi dan pemasaran via online,” tutupnya. (SITI AMINAH)

Exit mobile version