Uncategorized

Pengelaran Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Kota Banja

1
×

Pengelaran Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Kota Banja

Sebarkan artikel ini

Banjar,LHI

Pengelaran Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Kota Banjar, Jawa Barat oleh Disdikbud Kota Banjar. Sabtu(31/08/2024).Yang berjumlah 112 peserta murid perwakilan dari berbagai Sekolah Se-kota Banjar yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan festival ini merupakan ajang dimana   perlunya untuk melestarikan Budaya serta Bahasa Sunda. dengan berbagai jenis lomba yang diadakan ada pun berbagai perlombaan tersebut yaitu, baca sajak, Pupuh, donggeng, Boranggan(Ngabodor Sorangan), Biantara, Carpon dan tulus Aksara Sunda.

H. Kaswan Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mencari talenta terbaik yang bisa mewakili Kota Banjar ke tingkat Provinsi.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, para siswa tidak akan mampu memahami akan tetapi juga dapat mengaspirasikan dan melestarikan Bahasa Sunda lebih di utamakan,”ujar Kaswad.

Disetiap Kategori lomba didesain dengan sedemikian rupa agar mampu mengasah kemampuan, keterampilan juga berbahaya Sunda dan kesenian dalam perlomban.

Selain itu, juga memberikan kesempatan untuk berkompentesi ditingkat Provinsi, Jawa’ Barat yang nantinya dapat membawa nama baik Kota Banjar.

Peserta yang berhasil meraih Juara dalam setiap Katagori akan mendapatkan Piagam, Piala dan Uang Pembinaan.”Itu bukan siapa yang nanti tentang siapa yang menang, akan tetapi tentang bagaimana supaya anak-anak tersebut dapat melestarikan bahasa dan kesenian Sunda,”ucap Kaswad.

Para tim Juri Festival Tunas Bahasa IBu, memberikan penilaian yang objektif dan mendalam bagi setiap penampilan serta penilai penampilan yang terbaik yang akan nantinya lanjut ke tingkat Provinsi,Jawa Bara.

Diharapkan dengan kegiatan ini akan menjadi salah satu bukti nyata dalam upaya memperkuat indentitas Budaya di kalangan Generasi Muda Kota Banjar.. (ADE ERIS)****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *