Uncategorized

Gelar Job Fair dan Expo 2023 SMK Negeri Rajapolah Terdepan Dalam Kebekerjaan

17
×

Gelar Job Fair dan Expo 2023 SMK Negeri Rajapolah Terdepan Dalam Kebekerjaan

Sebarkan artikel ini

Kab Tasikmalaya NUANSA POST—Bertempat di lapangan upacara kampus SMKN Rajapolah telah di gelar Fair dan Expo mulai tanggal 30-31 oktober 2023,dalam acara tersebut tampak hadir,komite sekolah,kapolsek,danramil,camat Rajapolah,para kepala desa kec Rajapolah,KCD wilayah 12,kepala sekolah SMKN Rajapolah,dewan guru dan staf SMKN Rajapolah,dan tamu undangan lainnya. Dalam

Gelaran Job Fair dan Expo Tahun 2023 SMK Negeri Rajapolah terselenggara dengan meriah dan penuh antusias peserta. Helatan akbar ini menghadirkan kesempatan besar bagi para pencari kerja terutama alumni SMK yang berada di wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya, untuk mengambil kesempatan dalam mendapatkan posisi kerja di lebih dari 20 perusahaan yang tergabung dan mebuka lowongan serta kesempatan kerja di acara Job Fair ini. Mengusung tema “menjelajahi peluang, menetapkan tujuan” gelaran Job Fair SMKN Rajapolah ini menjadi kesempatan dan sarana bagi lulusan SMK untuk mereka lebih dekat dan mudah untuk akses pada kesempatan kerja yang sudah bekerja sama dengan SMKN Rajapolah dalam helaran ini, para pelamar bisa memilih dan langsung bertemu dengan Tim HRD dari berbagai perusahaan yang ada dan membuka stand pada acara ini. Jumlah pelamar calon pekerja yang datang tercatat lebih dari 1.000 pelamar.

Kepala SMKN Rajapolah Dr. Hj. Sri Nurhayati, MSI menyampaikan bahwa Job Fair ini merupakan bagian dari jawaban atas fenomena lulusan SMK yang selama ini disinyalir menjadi penyumbang terbesar pengangguran di Indonesia, dengan menggandeng banyak perusahaan serta industri mitra, bersama-sama menggelar dan membuka kesempatan kerja bagi para alumni dan lulusan terutama yang berada di wilayah Tasikmalaya Raya. Harapannya dapat menyerap lulusan sebanyak-banyaknya, menjadi jembatan bagi mereka meraih kesempatan menggapai sukses dan cita-citanya.

Hadir pada kesempatan ini adalah   H. Dedi Suryadin, S.Pd. M.Pd. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Provinsi Jawa Barat dalam Kapasitasnya mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Dalam sambutannya beliu menyampaikan harapan kedepan bahwa sekolah mampu menghadirkan aplikasi market place untuk tenaga kerja lulusan SMK yang memuat profil calon tenaga kerja dan kompetensinya. Apabila perusahaan dan indsutri memerlukan tenaga kerja dapat dengan mudah menemukan calon karyawan yang sesuai dengan kriteria posisi yang mereka butuhkan. Selain itu juga mengajak para pemimpin wilayah sekitar yang turut hadir dalam acara ini juga untuk membantu menyusun tracer study dalam rangka memenuhi data warga masyarakat yang sudah atau belum bekerja untuk membantu memetakan gambaran kebekerjaan di setiap wilayah secara tepat dan sesuai.

Sambutan baik juga disampaikan oleh Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tasikmalaya   Hj. Wiwin Wina Ningsih, AM.Keb., SKM., M.MRS yang menyampaikan apresiasinya atas gelaran Job Fair SMKN Rajapolah ini dimana telah turut membantu pemerintah dalam menjembatani terhubungnya pencari kerja dengan perusahaan penyedia lapangan kerja secara langsung dan bersama-sama dalam satu tempat. “tentunya ini memudahkan dan memperpendek alur mekanisme pencari kerja dalam mendapatkan dan meraih kesempatan kerja sesuai dengan perusahaan yang diinginkannya” demikian pungkasnya.

Sebanyak 23 perusahaan ikut serta memeriahkan dan membuka lowongan kerja dalam Job Fair ini, antara lain Yogya Group, PT. Tasco Sejahtera Abadi, PT. Paragon (Wardah Group), Buana Kasiti Group, PT. Lotus Lingga Pratama, PT. Pama Persada, PT. Chemco Harapan Nusantara dan banyak lagi perusahaan dengan skala nasional dan lokal yang ikut tergabung. Toni Senjaya, SE., M.Pd. sebagai Ketua Panitia pelaksana juga menyampaikan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut umumnya telah menjadi perusahaan partner industri yang telah menjalin kerjasama dengan SMK Negeri Rajapolah.

Job Fair dan Expo P5 juga menjadi wahana pentas kreasi dan panen karya pembelajaran P5 (Penerapan Projek Profil Pelajar Pancasila) bagi seluruh siswa SMKN Rajapolah. Sajian pentas seni, pameran kreasi dan bazaar menjadi bentuk panen karya yang menunjukkan hasil belajar yang bermakna dan ditampilkan dalam berbagai bentuk ekspresi yang mengandung nilai pendidikan dan pembentukan karakter. Sajian seni wayang golek menjadi puncak karya yang ditampilkan salah seorang siswa SMK Negeri Rajapolah tampil sebagai dalang Dika Ajen Suardana (Dika Mahardika) tampil memukau disamping sajian kreasi seni lainnya berupa seni  tari, musik, drama dan sebagainya.

Berkat kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, Komite Sekolah SMKN Rajapolah, jajaran muspika Kecamatan Rajapolah, para Kepala Desa se wilayah Kecamatan Rajapolah, Forum Bursa Kerja Khusus (FBKK) Kota dan Kab Tasikmalaya, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan tentunya kegiatan ini juga merupakan pengetahuqn dari program yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek dalam lingkup program SMK Pusat Keunggulan Tahun 2023, dimana SMKN Rajapolah menjadi salah satu sekolah yang memperoleh kepercayaan untuk menerima dan melaksanakan program dimaksud. Akhirnya helaran Job Fair dan Expo P5 SMKN Rajapolah Tahun 2023 akhirnya dapat terselenggara dengan baik mulai 30 Oktober 2023 dan berakhir pada 31 Oktober 2023.semoga SMKN Rajapolah lebih unggul,ungkapnya ( RONNY).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *