BeritaDaerah

Kapolres Sampaikan Torehan Positif Polres Ciamis Selama Kurun Waktu Tahun 2023

3
×

Kapolres Sampaikan Torehan Positif Polres Ciamis Selama Kurun Waktu Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Kapolres Sampaikan Torehan Positif Polres Ciamis Selama Kurun Waktu Tahun 2023

CIAMIS ~ Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan ekspose akhir tahun capaian kinerja selama kurun waktu Tahun 2023. Ekspose atau konferensi pers akhir tahun ini digelar di Aula Pesat Gatra Mapolres Ciamis, Jalan Jenderal Sudirman No.271, Sindangrasa Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (30/12/2023).

Ekspose akhir tahun ini disampaikan langsung oleh Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro SH., S.I.K., M.T., didampingi oleh Kabag Ops Polres Ciamis Polda Jabar Kompol Nia Kurnia dan Kasi Humas Polres Ciamis Polda Jabar Iptu Magdalena NEB. Capaian kinerja Polres Ciamis Polda Jabar ini disampaikan kepada Para Awak Media, mulai dari media cetak, elektronik, hingga online.

Pada kesempatan itu, Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro SH., S.I.K., M.T., menyampaikan sejumlah capaian dan hasil kinerja Kepolisian dalam kurun waktu Januari hingga Desember 2023. Adapun kinerja yang disampaikan ada tiga, meliputi Aspek Pembinaan, Aspek Operasional dan Tantangan Kedepan serta Harapan untuk Polres Ciamis Polda Jabar.

Saat itu Kapolres Ciamis Polda Jabar mengatakan bahwa dalam aspek operasional terdiri dari Kamseltibcar Lantas, Hasil Operasi Pekat, Kriminalitas, Kejahatan Konvensional dan Operasi Kepolisian selama kurun waktu Tahun 2023. Untuk tren laka lantas di Tahun 2023 mengalami penurunan dibandingkan tahun 2022.

“Tahun 2023 laka lantas sebanyak 394 kasus, dan untuk di Tahun 2022 sebanyak 464 kasus atau turun sebesar 15,08 persen. Sedangkan untuk korban meninggal dunia akibat Laka Lantas di Tahun 2023 juga turun sebesar 38,62 persen di banding tahun 2022. Tak hanya laka lantas, jumlah pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Ciamis Polda Jabar juga mengalami penurunan dibanding tahun 2022 sebesar 26,1 persen,” kata AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro.

Penyakit Masyarakat selama kurun tahun 2023, kata AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, pihaknya juga sudah menyelesaikan 9 kasus hingga persidangan Tipiring. Dimana dari 9 kasus itu total ada 68 botol miras berbagai jenis berhasil diamankan sebagai barang bukti dan sudah dimusnahkan.

Sementara untuk kriminalitas, kata AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, tindak pidana yang terjadi dan ditangani oleh Polres Ciamis beserta seluruh jajaran satuan kewilayahan, meliputi konvensional, kejahatan tradisional, kejahatan terhadap kekayaan negara dan kejahatan yang berimplikasi kontijensi. Total tindak pidana yang terjadi selama kurun waktu Tahun 2023 memperlihatkan adanya penurunan sebanyak 0,35 persen atau 283 perkara. Sementara untuk penanganan yang berhasil diselesaikan sebanyak 71,73 persen atau 203 perkara.

“Kejahatan konvensional yang turun secara signifikan itu Kejahatan Pencurian dengan Pemberatan sebesar 19,23 persen atau 42 perkara. PR kami yaitu pencurian dengan kekerasan yang sedikiti menunjukan tren kenaikan walaupun satu perkara. Yang membanggakan kami adalah menurun drastisnya pencurian kendaraan bermotor sebanyak 43,47 persen atau hanya 39 perkara dibanding tahun 2022 sebanyak 69 perkara,” kata AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro.

Padahal jumlah kendsrsan bermotor yang selalu bertambah setiap tahun. Beberapa langkah termasuk pengungkapan membuat penurunan kasus kejadian curanmor di Ciamis.

Kapolres Ciamis Polda Jabar menambahkan, kejadian penipuan dan penggelapan ini menjadi keprihatinan kita bersama ada peningkatan. Sangat diperlukan bantuan semua pihak agar tidak henti hentinya memberikan edukasi untuk selalu berhsti-hati. Penipuan berbasis online cukup parah dan penggelapan.

“Saya selalu minta untuk terus mengedukasi kepada masyarakat agar selalu berhati hati dalam bertransaksi. Beberapa torehan positif hal tersebut tidak lepas dari upaya kita bersama, sinergitas semua stakeholder termasuk rekan media. Polisi melalui beberapa kegiatan yang di tingkatkan termasuk operasi sehingga bentuk sinergitas seluruh stakeholder dan didukung dengan kegiatan kami pada momen tertentu menorehkan torehan positif,” kata AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro. (ADI SUMARNA/ HUMAS POLRES)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *