Uncategorized

Dorong Geliat UMKM, PTPN IV dan Pemko Tebing Tinggi Gelar Pelatihan Membatik dengan Sistem Ecoprint

2
Dorong Geliat UMKM, PTPN IV dan Pemko Tebing Tinggi Gelar Pelatihan Membatik dengan Sistem Ecoprint

Tebing Tinggi, NUANSA POST,—-PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) menggelar pelatihan membatik dengan sistem ecoprint di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi, Selasa (11/7/2023).

Acara yang diikuti oleh 31 orang pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ini terselenggara berkat kolaborasi Sub Bagian Program Pendanaan Usaha Mikro & Usaha Kecil (PUMK) Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak & Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Pemko Tebing Tinggi.

Kegiatan digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-106 Kota Tebing Tinggi. Acara mengusung tema Membangun Semangat Kewirausahaan dan Substitusi Usaha melalui Pelatihan Ecoprint Menggunakan Bahan Ramah Lingkungan sebagai Langkah Baru Industri Kreatif.

“Selain HUT Kota Tebing Tinggi, ini merupakan bentuk kepedulian PTPN IV dalam mendorong perkembangan usaha UMKM dan pemberdayaan perempuan serta masyarakat untuk berwirausaha mandiri dan kreatif yang ramah lingkungan,” ujar Pjs Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Misran, Rabu (19/7/2023).

Menurut Misran, ada beberapa tujuan utama yang ingin dicapai dari ini. Yaitu menambah peluang usaha baru, menambah pengalaman dan wawasan dalam berbagai jenis ilmu keterampilan, memberikan alternatif usaha serta meningkatkan perekonomian rumah tangga.

Kepala Sub Bagian Program PUMK PTPN IV Afni Ria Safitri mengatakan, pelatihan tersebut merupakan bagian dari upaya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membangun semangat kewirausahaan dan substitusi usaha dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

Menurutnya, ajang seperti ini sangat penting sekaligus dibutuhkan oleh kalangan generasi muda agar lebih kreatif dan menguasai teknik seni membatik, khususnya melalui sistem ecoprint yang lebih gampang dan ekonomis.

“Membatik dengan sistem ecoprint jauh lebih mudah dikerjakan, terutama dalam menggunakan bahan alam seperti limbah daun kering yang ramah lingkungan, murah dan mudah didapat di sekitar tempat tinggal. Dengan sistem ecoprint, produk yang dihasilkan diharap mampu menambah nilai jual dan menjadi alternatif usaha yang menjanjikan cuan,” ujar Afni.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber bernama Elynar dari Lembah Hijau Collection yang merupakan UMKM Rumah BUMN PTPN IV. Rangkaian pelatihan terbagi dalam dua sesi, yaitu pelatihan ecoprint pada media gelas dan media kain serta dilanjutkan dengan evaluasi.

Melalui kata sambutannya, Pj Wali Kota Tebing Tinggi Syarmadani mengucapkan terima kasih kepada jajaran PTPN IV karena turut berperan menyukseskan HUT Kota Tebing Tinggi melalui kegiatan pelatihan membatik sistem ecoprint yang ramah lingkungan.

“Pelatihan ini diharapkan mampu memunculkan calon-calon pengusaha sukses yang kreatif dan mandiri, khususnya dari UMKM dan masyarakat Kota Tebing Tinggi yang nantinya dapat berkontribusi bagi perekonomian dan kemajuan kota kita,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DP3APM Pemko Tebing Tinggi Sri Wahyuni turut mengapresiasi dan merasa bangga bisa berkolaborasi dengan PTPN IV. Melalui pelatihan ini, pihaknya bisa menyukseskan upaya pemberdayaan perempuan, anak dan masyarakat. Terutama bagi kalangan UMKM dan masyarakat sekitar.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PTPN IV melalui Sub Bagian Program PUMK yang telah memberikan kesempatan bagi kalangan UMKM dan masyarakat untuk menambah wawasan dalam memproduksi batik menggunakan sistem ecoprint,” ujar Sri.

Pelatihan membatik dengan sistem ecoprint ini turut disaksikan oleh sejumlah pejabat Pemko Tebing Tinggi lainnya. Antara lain Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah Erwin Suhairi Damanik, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Tinggi Zahidin dan Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Syahdama Yanto.

Hadir pula Camat Rambutan Kota Tebing Tinggi Ramadhan Barqah Pulungan, Camat Padang Hilir Kota Tebing Tinggi, Fasilitator Rumah BUMN PTPN IV Rafinaldy Putra Lubis, Asisten Tata Usaha PKS Pabatu Tri Puspitasari, APK Kebun Tanah Itam Ulu Duma Rumondang Siregar, APK Kebun Bah Jambi Mawan Kurniawan serta perwakilan APK Kebun Tonduhan Matrijal.(ILM)****

Exit mobile version