Berita

Bupati Pangandaran Hadiri Itsbat Nikah Terpadu dan Penandatanganan Perjanjian Hibah Tanah Dengan Pengadilan Agama Ciamis

2

Pangandaran, NUANSA POST—Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata menghadiri Itsbat Nikah Terpadu dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Hibah Tanah serta Penandatanganan Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja antara Pengadilan Agama Ciamis dengan Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Bertempat di Balai Desa Cimanggu Kecamatan Langkaplancar. Kamis, (24/08/2023).

“Dalam pernikahan itu, ada dua hal yang utama, pertama tentu sah menurut agama dan yang kedua tentu diakui oleh pemerintah, secara administrasi tercatat di dalam ketentuan berdasarkan undang-undang,” ujar Bupati Pangandaran saat menyampaikan sambutan.

Menurut Bupati, acara sidang itsbat nikah merupakan hal yang penting karena banyak manfaatnya, “Saya kira tentu secara administratif banyak manfaatnya, seperti hak waris dan sebagainya,” ujarnya lebih lanjut.

Ketua Pengadilan Agama Ciamis, Arif Mukhsinin, SH.,MH mengatakan bahwa pada hari ini terdapat 31 pasangan suami istri yang menjalani Itsbat Nikah Terpadu. Arif pun memuji Bupati Pangandaran karena cepat merespon keinginan masyarakatnya untuk sidang itsbat nikah.

“Warga Desa Cimanggu masih banyak yang belum mempunyai buku nikah, acara Ini sangat bagus sekali, kami Pengadilan Agama siap terjun langsung jika ada permintaan,” ujar Arif.

Lebih lanjut Arif mengatakan, “Kalau dianggarkan bantuan Pak Bupati sekarang, dari mengurus ke pengadilan, mondar-mandirnya aja capek belum uang yang dikeluarkan, jika diselesaikan semua termasuk buku nikahnya dengan Dukcapilnya , sementara di Cimanggu sekarang ini orang pengadilannya, kemenag dan KUA datang ke sini,” jelas Arif.

Setelah itu, acara kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Hibah Tanah seluas 5000 meter antara Pemerintah Kabupaten Pangandaran dengan Pengadilan Agama Ciamis.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Ciamis, Arif Mukhsinin, SH.,MH beserta jajaran, Kepala Kemenag Pangandaran Dr. Badruzzaman, SH dan jajarannya, Asisten Daerah Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Rida Nirwana Kristiana, Camat Langkaplancar, Para Pejabat SKPD Kabupaten Pangandaran, dan Masyarakat Cimanggu Langkaplancar.(SUNAR)****

Exit mobile version