BeritaDaerah

Ketua DPC IPJT Cilacap Sangidun Berucap Bersyukur Lulus UKW Wartawan Muda  

15
Ketua DPC IPJT Cilacap Sangidun Berucap Bersyukur Lulus UKW Wartawan Muda  

Banyumas,NUANSA POST—Sangidun yang juga sebagai Ketua IPJT Kabupaten Cilacap bersyukur dinyatakan lulus uji kompetensi wartawan muda oleh tim penguji PT Aksara Solopos yang dilaksanakan di Hotel Aston Purwokerto pada (27 -28 Oktober 2023) hal tersebut disampaikan Sangidun melalui grup whatsapp .

“Diharapkan dengan menjadi wartawan yang telah melewati UKW, masyarakat dapat merasa lebih yakin bahwa informasi yang mereka terima adalah hasil dari proses jurnalistik yang benar dan beretika sekaligus untuk membedakan produk jurnalistik wartawan yang punya aturan dan kode etik dengan produk media sosial yang tidak ada aturan dan kode etiknya.

“Untuk peserta UKW sudah diatur dalam Peraturan Dewan Pers Nomor 1/Peraturan-DP/VIII/2015 tentang Peserta Uji Kompetensi Wartawan. Setidaknya ada tiga syarat sebagai peserta antara lain, bekerja sebagai wartawan sekurang-kurangnya satu tahun serta menunjukan hasil karya jurnalistik dalam tiga bulan terakhir.

“Saya bersyukur dapat ikut UKW dan lulus kompeten dan mari saya mengajak teman -teman wartawan khususnya anggota IPJT Cilacap untuk dapat ikut agar menjadi wartawan profesional karena salah satu ciri wartawan profesional adalah punya sertifikat kompetensi wartawan .harapnya.

Sangidun juga menceritakan pengalamanya menjadi peserta UKW dan lulus ujian bahwa dalam UKW ada sekitar 10 mata uji dan nilai minimal agar kompeten adalah nilai 70. Terangnya.

“Dari 10 materi uji tersebut adalah memahami dan melaksanakan kode etik jurnalistik dan hukum atau undang-undang atau peraturan terkait pers, merencanakan atau mengusulkan liputan, rapat redaksi, mencari bahan liputan acara terjadwal, wawancara Cegat, membangun jejaring, menulis berita, menyunting berita sendiri, wawancara tatap muka, menyiapkan isi rubrikasi.tandasnya.

“Disampaikan oleh narasumber dari dewan pers Suprapto yang merupakan staf ahli dewan pers yang mengatakan bahwa wartawan kompeten adalah wartawan yang mempunyai pengetahuan yang cukup serta pengalaman yang cukup terkait kerja jurnalistik mengetahui ada undang-undangnya pasal-pasalnya, kode etiknya, mempunyai alat kerja dan terampil menggunakannya jadi wartawan kompeten  itu adalah wartawan yang  memiliki skill.tegasnya. 

Pada kesempatan tersebut, Humas Sekber DPC IPJT Kabupaten Cilacap Andrika mengucapkan selamat kepada Sangidun Sebagai ketua DPC IPJT Kabupaten Cilacap,yang telah mengikuti UKW dan telah dinyatakan lulus,dan sekali lagi saya ucapkan selamat.semoga ini suatu momentum untuk memotivasi rekan – rekan yang lain,yang tergabung di DPC IPJT Kabupaten Cilacap.agar kedepan bisa mengikuti UKW.tegasnya. ( ANDRIKA)

Exit mobile version