Uncategorized

Bupati Asahan Buka Lomba Cipta Menu B2SA

3
×

Bupati Asahan Buka Lomba Cipta Menu B2SA

Sebarkan artikel ini

Asahan, NUANSA POST—Bupati Asahan H. Surya, BSc membuka Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal Kabupaten Asahan di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Asahan, Selasa (10/09/2024). Tampak hadir OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Dikesempatan ini Kepala Dinas Ketapang Kabupaten Asahan H. Ali Muqhofar, S. Sos, MAP menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA serta mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan dan menciptakan menu makanan yang B2SA berbasis sumber daya lokal. Ali juga melaporkan, sasaran dari kegiatan ini TP PKK Kecamatan yang berasal dari 25 Kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan dengan bahan baku pagan lokal selain beras seperti jagung, ubi kayu, keladi, sagu, dan lain-lain.

Ditempat yang sama Bupati Asahan mengatakan, salah satu upaya untuk mensosialisasikan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2009, tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal, maka dilaksanakan melalui Lomba Cipta Menu beragam, bergizi, seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal. Melalui lomba ini, diharapkan dapat memantapkan kemandirian pangan lokal dan pelestarian Sumber Daya Alam, dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah, misalnya sagu, jagung, singkong, ubi jalar, pisang, sukun dan lain-lain yang tersebar di seluruh kecamatan, pengolahan menjadi dengan bahan proses pangan fungsional yang mengandung berbagai nutrisi dan mampu meningkatkan kualitas konsumsi pangan dan dapat membantu penambahan pendapatan rumah tangga. untuk memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan sesuai Pola Pangan Harapan (PPH).

“Maka secara khusus, kami harapkan kepada TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan, serta organisasi-organisasi wanita yang ada untuk dapat memasyarakatkan betapa pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang, dan aman yang mengutamakan sumberdaya pangan lokal kepada seluruh masyarakat, khususnya ibu-ibu rumah tangga. pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi yang potensinya cukup besar perlu terus digalakkan dan dioptimalkan. Kami juga mengharapkan kepada para Camat dan seluruh Kepala OPD Pemerintah kabupaten asahan dan pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan pangan agar senantiasa melakukan upaya-upaya maksimal untuk tetap dapat menjamin kemantapan ketahanan pangan, khususnya di Kabupaten Asahan, baik yang berkaitan dengan produksi, ketersediaan, distribusi, dan keamanan pangan.

Diakhir kegiatan Bupati Asahan dan Ketau TP PKK Kabupaten Asahan meninjau secara langsung kestand Kecamatan yang mengikuti lomba cipta menu B2SA.

Pemenang pada Lomba Cipta Menu

Juara 1 Nilai 454 Nomor Urut 21 Kecamatan Aek Songsongan

Juara 2 Nilai 450 Nomor Urut 24 Kecamatan Simpang Empat

Juara 1 Nilai 441 Nomor Urut 18 Kecamatan Air Batu

Harapan 1 Nilai 416 Nomor Urut 23 Kecamatan Setia Janji

Harapan 2 Nilai 414 Nomor Urut 22 Kecamatan Buntu Pane

Harapan 3 Nilai 377 Nomor Urut 20 Kecamatan Meranti. ( BAYU LESMANA )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *