BeritaDaerah

Wakil Bupati OKU Selatan Pimpin Entry Meeting BPK RI Terkait Pemeriksaan Kinerja Pemda

6
Wakil Bupati OKU Selatan Pimpin Entry Meeting BPK RI Terkait Pemeriksaan Kinerja Pemda

OKU Selatan ,NUANSA POST—Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), H. Sholehien Abuasir, SP., M.Si., pimpin langsung Entry Meeting BPK RI terkait Pemeriksaan Kinerja Pemerintah Daerah Penyelenggaraan Meningkatkan RU Kualitas Jalan PA Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan,   hadir dalam kesempatan ini Mewakili DPRD, Para Asisten, Para Staf Ahli, Inspektur, Kepala Bappeda Litbang, Kepala Bapenda, Kepala BPKAD, Kadin PUPR, Kadin Perkim, dan Kabag Hukum, Selasa (31/10/2023)

Mewakili BPK Provinsi Sumatra Selatan, Ketua Tim Teguh Yayansaputra menyampaikan, bahwa pemeriksaan ini merupakan lanjutan untuk Efektivitas Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Selatan dalam penyelenggaraan jalan, yang digelar serentak di 32 Kabupaten/Kota. Untuk Sumatera Selatan ada 5 Kabupaten/Kota yakni, OKU, OKI, OKU Selatan, Banyu Asin dan Lubuk Linggau.

“Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan kinerja yang diharapkan dapat memberikan informasi yang memadai, dan sejauh mana kinerja Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dalam penyelenggaraan jalan disampaikan kepada para pemangku kepentingan, Menilai efektivitas upaya Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dalam penyelenggaraan jalan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas jalan tahun 2021 s.d. triwulan III Tahun 2023,” jelasnya.

Teguh juga menjelaskan bahwa hal ini sejalan dengan Amanat UU kepada BPK, nilai dan manfaat lembaga pemeriksa yang disepakati secara internasional. International Organization of Supreme Audit Institutions (INTOSA)) telah menetapkan International Standard of Supreme Audit Institutions (SSA) No 12 tentang The Value and Benefits of Supreme Audit institutions-making a difference to the lives of citizens ISSAI No. 12 menyatakan bahwa lembaga pemeriksa harus bisa memberikan nilai tambah dan manfaat kepada masyarakat, salah satunya dengan memperkuat akuntabilitas, transparansi, dan integritas pemerintah serta entitas-entitas sektor publik Sebagai salah satu anggota INTOSAI, BPK perlu turut serta menerapkan prinsip tersebut melalui fungsinya sebagai lembaga pemeriksa tertinggi.

Wakil Bupati OKU Selatan dalam kesempatan ini menyampaikan harapannya semoga kegiatan ini bisa memberikan dampak baik untuk Kabupaten OKU Selatan dalam menjalankan roda Pemerintahan Kabupaten OKU Selatan, kinerjanya lebih ditingkatkan lagi lebih baik dan bermanfaat.

“Untuk 25 hari kedepan terus komunikasi dengan baik sehingga bisa sukses dalam melaksanakan tugas, untuk kepala BPKAD tolong dikoordinasikan lagi jangan sampai komunikasinya terputus,” pinta Wabup. ( BAS )****

Exit mobile version