Uncategorized

Dongkrak Kreativitas Masyarakat, PTPN IV Bantu Sarana dan Prasarana Alat Batik di Kota Tebing Tinggi

7
×

Dongkrak Kreativitas Masyarakat, PTPN IV Bantu Sarana dan Prasarana Alat Batik di Kota Tebing Tinggi

Sebarkan artikel ini

Medan, NUANSA POST. PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) kembali menyerahkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi. Bantuan kali ini berupa dana senilai Rp50 juta yang bertujuan untuk mendukung pengadaan sarana dan prasarana alat batik bagi masyarakat.
Bantuan diserahkan secara simbolisasi oleh Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Mulianto didampingi Kepala Sub Bagian TJSL PTPN IV Yoga Sendika Darma dan diterima langsung oleh Pj Wali Kota Tebing Tinggi Syarmadani, Selasa (8/8/2023).
“Kami merasa senang karena bisa turut berpartisipasi memajukan kreativitas di Kota Tebing Tinggi ini. Walaupun nominal bantuannya terbilang tidak seberapa, tapi PTPN IV berharap bisa tetap memberi manfaat bagi masyarakat,” ujar Mulianto.
Batik merupakan satu di antara wujud kekayaan budaya Indonesia. Nilai seni yang terkandung di dalamnya sudah tersohor dan telah lama mendunia. Oleh karena itu, PTPN IV merasa perlu memberi perhatian penuh demi melestarikan warisan nenek moyang bangsa.
Melihat potensi pasar yang besar, keterampilan membatik juga bisa memberi keuntungan tersendiri dalam segi ekonomi. Tak terkecuali bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumatera Utara.
Demi mengoptimalkan peluang itu, Sub Bagian Program Pendanaan Usaha Mikro & Usaha Kecil (PUMK) Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV telah berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak & Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Pemko Tebing Tinggi untuk menyelenggarakan pelatihan membatik dengan sistem ecoprint.
Acara itu berlangsung di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Pemko Tebing Tinggi, Selasa (11/7/2023) lalu. Pelatihan disambut antusias tinggi dan diikuti oleh 31 orang pelaku UMKM.
“Pelatihan ini diharapkan mampu memunculkan calon-calon pengusaha sukses yang kreatif dan mandiri, khususnya dari UMKM dan masyarakat Kota Tebing Tinggi yang nantinya dapat berkontribusi bagi perekonomian dan kemajuan kota kita,” ujar Pj Wali Kota Tebing Tinggi Syarmadani. (ILM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *